Pertanyaan

Jelaskan dan gambarkan mengenai break even point (BEP)!

Jelaskan dan gambarkan mengenai break even point (BEP)! space 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

21

:

13

:

13

Klaim

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Break Even Point (BEP) adalah kondisi saat perusahaan tidak menderita keuntungan atau kerugian. BEP terjadi saat total penerimaan (TR) yang didapatkan perusahaan sama dengan total biaya (TC) yang dikeluarkan perusahaan. BEP juga dapat terjadi saat perusahaan menjual per unit barang seharga biaya rata-rata untuk memproduksi barang tersebut. Misalnya untuk memproduksi 100 pasang sepatu perusahaan harus mengeluarkan total biaya sebanyak Rp8.000.000 sehingga biaya rata-ratanya sebesar Rp80.000,00 per pasang. Namun setelah dijual perusahaan hanya bisa menjual dengan harga Rp80.000,00 per pasang sehingga perusahaan hanya mendapatkan Rp800.000,00 dari keseluruhan sepatu yang dijual. Maka dalam hal ini keuntungan perusahaan sebesar Rp0. Begitu juga kerugiannya sebesar Rp0.

Break Even Point (BEP) adalah kondisi saat perusahaan tidak menderita keuntungan atau kerugian. BEP terjadi saat total penerimaan (TR) yang didapatkan perusahaan sama dengan total biaya (TC) yang dikeluarkan perusahaan. BEP juga dapat terjadi saat perusahaan menjual per unit barang seharga biaya rata-rata untuk memproduksi barang tersebut. Misalnya untuk memproduksi 100 pasang sepatu perusahaan harus mengeluarkan total biaya sebanyak Rp8.000.000 sehingga biaya rata-ratanya sebesar Rp80.000,00 per pasang. Namun setelah dijual perusahaan hanya bisa menjual dengan harga Rp80.000,00 per pasang sehingga perusahaan hanya mendapatkan Rp800.000,00 dari keseluruhan sepatu yang dijual. Maka dalam hal ini keuntungan perusahaan sebesar Rp0. Begitu juga kerugiannya sebesar Rp0. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Regita larasati

Bantu banget

Pertanyaan serupa

Suatu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk mempunyai biaya tetap total sebesar Rp 25.000.000 dan biaya variabel per unit adalah Rp 400.000. Selanjutnya, bagian pemasaran dari perusahaan menetapk...

1

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02130930000

02130930000

Ikuti Kami

©2026 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia